The Power Of Share…

Bila Anda sering mengikuti training-training motivasi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata the power of a dream, hal mana dengan kekuatan impian, segala hal yang kelihatan mustahil bisa tercapai. Begitu juga ada istilah the power of exchange. Hal mana, dengan perubahan yang lebih baik, kita bisa mencapai hal yang paling tersulit sekalipun. Dan the power yang lainnya.

Namun, ada lagi “the power” yang patut Kita jalankan, salah satunya adalah the power of share.
Dengan berbagi, baik Ilmu maupun harta, kita bisa menjadi seseorang yang bisa mendapatkan apapun. Baik ilmu, maupun Harta. Sehingga ketika kedua hal tersebut dengan mudah kita dapatkan, lalu apalagi yang akan menghalangi kita untuk mencapai suatu tujuan.
Studi kasus, mari kita berkunjung di blog tempat saya mengais ilmu untuk blog saya ini yaitu http://afatih.wordpress.com/ bila kita analisa, betapa enaknya beliau. Itu juga Karena jerih payahnya yang sudah membagikan ilmu secara gratis kepada siapapun. Kenapa enak? Lihat saja salah satu postingannya, yaitu pada postingan berjudul Internet koneksi unlimited, bisa dilihat dengan mengklik ini. Yang diakhiri kata dari beliau “Yang sudah pernah makai layanan internet di atas tolong kasih review-nya ya.. ” artinya dalam posting tersebut, dengan tidak canggung beliau meminta ilmu kepada siapa saja dan yang paling enak, dijawab dengan serius oleh komentatornya. Hal mana bisa kita teliti bahwa banyak diantaranya telah mengais ilmu beliau.
Berbagi bisa menghemat waktu
Bayangkan, bila mas Fatih harus mencari informasi dari pemakai semua ISP yang beliau pertanyakan. Betapa banyak waktu yang tersita untuk sekedar mendapatkan info itu, setidak-tidaknya Beliau berjalan jalan didunia maya untuk bertanya pada tiap-tiap pemakai ISP. Akan tetapi, karena hasil dari kekuatan berbagi, beliau hanya membuat postingan yang isinya permintaan informasi tentang ISP, kemudian duduk manis dan atau mengerjakan pekerjaan lain menunggu jawaban. Alias, jauh lebih hemat waktu.
Berbagi bisa menghemat biaya
Pada kasus yang sama, bayangkan bila mas Fatih harus mencoba tiap produk internet unlimited yang ditanyakan olehnya, berapa rupiah yang harus beliau keluarkan sia-sia karena tidak cocok dengan kondisi tempat beliau tinggal, misal karena tidak tercoverage evdo untuk ISP Smart. Akan tetapi, karena hasil review dari salah satu komentator di postingan beliau. Memungkinkan beliau memilih satu ISP hasil review komentatornya. Alias tidak perlu mencoba-coba semua ISP sehingga bisa menghemat biaya.
Berbagi memungkinkan kita mudah beradaptasi diberbagai sistem
Inti adaptasi adalah kita kita menerima dan diterima dalam sistem. Menerima tersebut adalah kita dengan sukarela untuk mau berintegrasi dengan segala aturan yang ada (tentunya aturan yang sesuai dengan perikamanusiaan), sedangkan diterima adalah keberadaan kita diakui dalam sistem tersebut. Bagi orang tertentu, beradaptasi sangatlah susah. Tetapi tidak bagi orang yang suka berbagi. Semakin mudah kita berbagi, semakin mudah pula kita beradaptasi. Pada kasus yang sama, betapa mudahnya postingan mas Fatih diapresiasi (terlihat dari jumlah komentarnya). Itu menandakan, betapa mudahnya beliau diterima dalam komunitas blogger. Hal itu, karena ia sangat mudah untuk berbagi. Dikehidupan nyata, bisa kita lihat betapa mudahnya orang diterima disuatu sistem bila Ia mudah berbagi.
Agaknya sudah menjadi hukum alam, bila kita memberi, maka kita akan diberi. Bahkan kita akan diberi 700 kali lipat bila kita memberi (hal mana ini merupakan janji Allah).
surat Al-Baqoroh ayat 261 – 263, menyebutkan :
“ Perumpamaan ( Nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang munumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan ( ganjaran ) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas ( karunia-Nya ) lagi Maha Mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti ( perasaan si penerima ), mereka memperoleh pahala disisi Robb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak mereka tidak bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan. Dan Allah Maha Kaya lagi Maha penyantun.”
So, Berbagilah untuk kemenangan Kita….
Berbagilah karena :
Setetes Ilmu Anda bisa menjadi penyempurna ilmu orang lain
Setetes Darah Anda bisa menjadi penyambung nyawa orang lain

airterjun1

Berbagi tidak pernah rugi…

Air terjun bertahun-tahun berbagi…Tapi, tidak pernah mengering..

Thanks….

Categories: Umum | Tag: , , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “The Power Of Share…

  1. Nasihat yg baik sekali. Saya teringat buku2nya Ust. Yusuf Mansur, yang selalu mengangkat tema “The Power of Giving”, tentang keajaiban memberi….

  2. tes komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: